Salam Pramuka...!
Disampaikan dengan hormat, bahwa dalam rangka memperingati hari pramuka ke-63 Kwartir Ranting Gerakan
Pramuka bermaksud melaksanakan kegiatan Jambore Ranting Cipanas tahun 2024, dengan pokok-pokok
kegiatan sebagai berikut :
1. UMUM
a. Kegiatan Jambore Ranting Cipanas diselenggarakan dalam rangka memeriahkan hari Pramuka ke – 63 tahun 2024.
b. Setiap gugusdepan dihimbau untuk dapat berpartisipasi pada kegiatan tersebut dengan
memperhatikansituasi dan kondisi jumlah peserta kami batasi 1 gugusdepan maximal
mengirimkan 4 Regu ( 2 Regu Putra 2 Regu Putri, jumlah peserta 1 regu maksimal 10 orang ).
c. Setiap gugusdepan melakukan pendaftaran melalui Link berikut ini :
• https://bit.ly/PendaftaranJAMRANcipanas2024
• https://bit.ly/pendaftaranPESERTAJAMBORERANTINGkecamatancipanas2024
(Pendaftaran sampai tanggal 09 Agustus 2024)
c. Gugus depan wajib menyampaikan surat kesediaan gugus depan.( Form terlampir )
d. Peserta melampirkan surat izin orangtua siswa.
2. PELAKSANAAN
a. RAPAT TEKHNIS,
Hari/Tanggal: Selasa, 06 Agustus 2024
Waktu: 08.00 s/d Selesai
Tempat: Aula Bale Santika PGRI Kecamatan Cipanas
b. PELAKSANAAN KEGIATAN,
Hari/Tanggal: Selasa - Kamis, 13-15 Agustus 2024
Waktu: 07.30 s.d. selesai
Tempat: Mandala Kitri Scout Camp ( MKSC ) – Cibodas.
3. KEGIATAN
Kegiatan Jambore Ranting Cipanas tahun 2024 mengarah pada tujuan Gerakan Pramuka melalui :
a. Pembinaan Mental dan Spiritual
b. Pembinaan sifat peduli dan rasa tanggung jawab
c. Pembinaan Pramuka dengan system “ bermain sambil belajar “
d. Penumbuhan sifat loyalitas terhadap unsur organisasi yang menaunginya
e. Peningkatan mutu / intelektual berkenaan dengan Pramuka Penggalang di tingkat Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Cipanas
Jadwal Kegiatan (Terlampir).
4. ADMINISTRASI
A. KETENTUAN PESERTA
1. Peserta
a. Persyaratan
- Berusia minimal tepat 10 tahun pada saat tanggal 13 Agustus 2024 dan maximal belum menginjak
usia 16 tahun pada tanggal 13 Agustus 2024.
- Aktif di gugusdepannya
- Sehat jamani dan rohani
- Mendapatkan surat tugas / mandat dari gugusdepannya
- Bagi pemimpin regu merupakan tingkatan paling tinggi di satuannya.
b. Persyaratan Administrasi
- Mengisi Kesediaan dan Rekap Peserta dan Bidamping ditandatangani Kepala Sekolah selaku Ketua
Mabigus.
- Menyerahkan Surat mandat dari Mabigus
- Mendapat izin dari orang tuanya
- Menyerahkan Fotocopy KTAP yang masih berlaku ( Jika memiliki )
- Menyerahkan foto copy asuransi kecelakaan ( jika memiliki )/BPJS Kesehatan
c. Perlengkapan Peserta
- Seragam pramuka lengkap
- Perlengkapan perkemahan pada umunya
- Perlengkapan kegiatan lapangan (kantong tidur, matras, Jaket, jas hujan, sepatu olah raga, pakaian
olah raga dan lain-lain)
- Scraft ( untuk kegiatan lapangan )
- Obat-obatan pribadi yang diperlukan.
2. Ketentuan Bindamping
A. Persyaratan
1) Sehat jasmani dan rohani.
2) Biodata Bidamping (terlampir)
3) Menyerahkan fotocopi Kartu Tanda Anggota Pramuka ( Jika ada )
4) Menyerahkan fotocopi kartu asuransi kecelakaan diri ( jika ada )
5) Menyerahkan surat keterangan sehat dari dokter
6) Menyerahkan pasfoto berwarna berseragam Pramuka ukuran 3x4, sebanyak 2 lembar
7) Membawa Surat Mandat dari Ketua Mabigus atau ketua gudepnya
b. Perlengkapan Pembina Pendamping
1) Seragam pramuka lengkap
2) Perlengkapan Perkemahan pada umunya
3) Perlengkapan kegiatan lapangan (kantong tidur, matras, Jaket, jas hujan, sepatu olah raga, pakaian
olah raga dan lain-lain)
4) Scraft ( untuk kegiatan lapangan )
5) Obat-obatan pribadi yang diperlukan.
B. SISTEM ADMINISTRASI
1. Pelayanan Administrasi
Pelayanan administrasi dilaksanakan untuk mendukung pelaksanaan Jambore Ranting Cipanas tahun
2024 dibidang administrasi. Selain itu hal ini juga merupakan sebuah dokum entasi kegiatan secara fisik
dari kepesertaan.
2. Kodifikasi Administrasi
Kodifikasi formulir administrasi disusun berdasarkan pengelompokan unsur yang dibutuhkan sebagai
bahan laporan dari hasil pelaksanaan kegiatan jambore ranting Cipanas tahun 2023 adapun kodetifikasi
di bagi sebagai berikut :
Kode A Kesiapan, rekap peserta dan bindamping Kode B Formulir Biodata Bindamping
Kodifikasi formulir administrasi selengkapnya adalah sebagai berikut:
a. A 01 : Form kesiapan, rekap peserta dan bindamping
b. B.01: Form Kedatangan dan Kepulangan
c. C.01: Formulir Biodata Bindamping
(Formulir Terlampir)
C. MEKANISME PENDAFTARAN
1. Umum
Pada umumnya gugusdepan menyerahkan formulir tercantum dibawah pada saat pelaksanaan Jambore
Ranting Cipanas tahun 2024 sesuai dengan kodetifikasi yang telah disediakan yaitu sebagai berikut :
a. A 01 : Form kesiapan, rekap peserta dan bindamping
b. B.01 : Form Kedatangan dan Kepulangan
c. C.01: Formulir Biodata Bindamping
2. Tahap Pendaftaran
a. Tahap I
Penyerahan formulir lainya sebagai mana di bawah ini :
a. A 01 : Form kesiapan, rekap peserta dan bindamping
b. B.01 : Form Kedatangan dan Kepulangan
c. C.01 : Formulir Biodata Bindamping
Seluruh berkas persyaratan di serahkan pada saat pelaksanaan tekhnikal meeting yakni pada Hari
Selasa, 06 Agustus 2024 di Bale Santika PGRI Cipanas.
b. Tahap II
Tahap kedua ini merupakan tahapan terakhir dari pelaksanaan pendaftaran, yaitu dengan pelaksanaan
daftar ulang peserta Jambore 2024 di areal perkemahan yang disiapkan oleh panitia.
D. ADMINISTRASI KEUANGAN
a. Administrasi keuangan ini dimaksudkan sebagai sebuah upaya bantuan / partisipasi dari peserta agar
terpenuhinya hal – hal yang menjadi kebutuhan kegiatan, baik sifatnya tekhnis maupun non- tekhnis
selama kegiatan berlangsung.
b. Besar alokasi biaya yang menjadi fee kegiatan pada Jamran Cipanas tahun 2023 ini adalah sebesar Rp.
35.000,-/ peserta, yang dialokasikan untuk hal hal berikut :
1. Administrasi kegiatan - Rp 3.000,-
2. Tiska ( tanda ikut serta kegiatan ) - Rp 3.000,-
3. Camp Fee ( 3 hari 2 malam ) - Rp 25.000,-
4. e Sertifikat - Rp 0,-
5. ID Card - Rp 3.000,-
6. K3 - Rp 1.000,-
Adapun selengkapnya mengenai surat ini bisa di download Di Sini
0 Comments